Kamis, 14 Februari 2013

RENOVASI RUMAH MINIMALIS PROBOLINGGO

Project kali ini merupakan project renovasi rumah yang terletak di Probolinggo, tepatnya di Jalan Suyoso. Pada lahan 10 x 15 m ini telah berdiri rumah dengan yang terletak di belakang site, dan sebuah toko di depannya. Rumahnya berupa bangunan lama, dengan struktur yang sangat minim, dan ketinggian plafon hanya 2,5 meter. Pada bagian kanan rumah, terdapat ruang mati selebar 1 m. Mungkin pada awalnya ruang ini akan difungsikan sebagai penghawaan. Tetapi pada akhirnya ruang ini hanya berfungsi sebagai ruang mati, tempat meletakkan kayu-kayu yang tak terpakai.

Rumah eksisting memiliki 4 kamar. Dua kamar di bagian kanan, hanya berukuran 2,3 m x 3 m. Sangat sempit untuk ukuran sebuah kamar. Selain itu, pada bagian belakang kamar, terdapat ruang mati selebar 1 m, yang difungsikan sebagai tempat menaruh pakaian / cucian. disamping kamar mandi juga terdapat ruang mati selebar 1 m, yang digunakan untuk tempat handuk.

Berikut adalah denah eksisting dari proyek tersebut.. (untuk foto eksisting, menyusul. File-nya keselip -___-)
Dari hasil diskusi dengan pemilik, pemilik menginginkan untuk melebarkan 2 kamar yang berada di kanan tersebut, sehingga ruang mati di bagian kanan dapat dimanfaatkan.

Berikut adalah denah rancangan rumah tersebut.


Kamar eksisting di bagian depan dibongkar, dan dijadikan ruang tamu dan ruang keluarga. Disampingnya adalah ruang tidur utama, dengan kamar mandi lengkap dengan bathtubenya. Ruang tidur ini memiliki pintu yang terhubung dengan kamar anak di sampingnya, sehingga orang tua dapat dengan mudah mengontrol putra-putrinya. Diatas pintu, diletakkan AC yang digunakan untuk 2 ruang sekaligus, untuk menghemat daya.

Kamar anak terhubung dengan taman kering selebar 1,5 m dibelakang.
Disamping kamar anak terdapat kamar mandi, dan kamar pembantu. Kamar pembantu juga terhubung dengan taman kering tersebut.

Dibelakang ruang keluarga, terdapat kamar tidur tamu dan mushola kecil. Lalu terdapat ruang makan dan dpur yang terhubung dengan taman belakang.

Akses pada rumah ini, terdiri dari 2 akses. Yang pertama melalui pintu ruang tamu, dan akses dari pintu samping yang langsung terhubung dengan dapur. Sehingga ketika sedang menjamu tamu, dan pembantu sedang membawa belanjaan dari pasar, bisa langsung menuju dapur :)

Dibawah ini adalah ilustrasi fasad rumahnya

Fasadnya minimalis. Banyak menggunakan kreasi baru dan pola vertikal, agar rumah berkesan "tinggi". Warna yang digunakan adlaah merah dan abu-abu.
Diantara rumah dan toko, terdapat taman kecil, yang letaknya tepat didepan jendela kamar tidur utama.

Berikut kami sertakan beberapa foto pembangunan proyek ini.
Untuk konstruksi, kami bekerja sama dengan kontraktor lokal Probolinggo.






Ada beberapa perubahan yang terjadi pada proyek ini. Warna yang awalnya dominan merah dan abu-abu, diubah menjadi hijau dan abu-abu.


Jika anda ingin merenovasi rumah anda, kami siap membantu :)



Hubungi

PRINGGODANI DESAIN
pringgodani.desain@gmail.com
085655432681

1 komentar: